Solusi Kabel Kulkas Digigit Tikus

Solusi Kabel Kulkas Digigit Tikus – Bicara soal timer, pasti terlintas pada bayangan kita merupakan alat pengukur waktu. Yapss betul, timer di kulkas ialah suatu unit yang mengatur kapan mesin kompresor akan bekerja serta kapan mesin kompresor mau stop stunby maupun bahaya awamnya istirahat.

seperti halnya dengan mesin pedingin ruangan (AC) yang mana mempunyai timer, di mana kita bisa membatasi berapa jam AC mau hidup mendinginkan ruangan, dimana lalu mau mati sendiri sesudah sebagian jam kedepan cocok dimana kita setting.

Tapi, tidak sama dengan kulkas, fungsi timer pada kulkas 2 pintu yaitu guna mengatur waktu secara otomatis kapan kompresor, fius panas (defrost), juga fius dingin mau berprofesi, serta kapan segala unit hal yang demikian akan standby secara gonta-ganti.

Solusi Kabel Kulkas Digigit Tikus

Kompresor telah short body atau gulungan kompresor sudah ngletek bagian isolasi kawat gulungannya juga mengenai ataupun menempel pada bagian body kompresor.

Kabel instalasi kelistrikan di kulkas ngletek maupun koneksi kabel dimana sudah tak terisolasi merekat di body kulkas.
Kabel heater pigura pintu telah rusak ataupun terbakar juga menyentuh komponen besi body kulkas. Namun hal ini amat jarang terjadi pada kulkas yang ukurannya untuk skala kulkas rumah tangga Instalasi kabel kelistrikan kulkas ada yang terkelupas serta terkena air yang mana airnya sampai menempel ke besi body kulkas tersebut.

Metode Memecahkannya :

Tentukan segala kabel listrik kulkas tak terdapat yang terkelupas, jikalau ada isolasi kembali dengan baik.

Pasang Grounding di kulkas

Metode pasang grounding kulkas :

Kupaslah kulit kabel NYM atau NYA hingga kelihatan kawat tembaganya lalu hubungkan dengan sekrup yang merekat pada sasis ataupun rangka besi kulkas yang terletak di belakang kulkas komponen bawah dekat area mesin pendingin(kompresor)

Pasanglah kabel NYM ataupun NYA pada sekrup sasis kulkas memakai sistem: longgarkan bautnya menerapkan obeng namun jangan hingga terlepas dari ulir sasis lalu lilitkan tembaga kabel di leher baud lalu kencangkan baudnya hingga kabel terpasang kuat di sasis kulkas. Urutkan kabel mengikuti alur kabel listrik kulkas sampai mendekati stekernya lalu ikat kabel kulkas dengan kabel grunding yang mana kita urut tadi memakai isolasi.

Sesudah kabel grounding di mana terhubung ke sasis kulkas sudah dekat ke steker kulkas karenanya koneksikan kabel tersebut ke salah satu plat yang ada pada kedua sisi stop kontak.

Kupaslah kulit kabel NYM maupun NYA sampai nampak kawat tembaganya selanjutnya hubungkan dengan sekrup yang mana merekat pada sasis atau rangka besi kulkas di mana berlokasi di belakang kulkas komponen bawah dekat zona mesin pendingin(kompresor).

Pasanglah kabel NYM ataupun NYA di sekrup sasis kulkas dengan cara: longgarkan bautnya mengaplikasikan obeng namun jangan hingga terlepas dari ulir sasis lalu lilitkan tembaga kabel ke leher baud lalu kencangkan baudnya sampai kabel terpasang kuat pada sasis kulkas.

Urutkan kabel meniru alur kabel listrik kulkas hingga mendekati stekernya kemudian ikat kabel kulkas dengan kabel grunding yang kita urut tadi mengaplikasikan isolasi.

Setelah kabel grounding dimana terhubung ke sasis kulkas telah dekat ke steker kulkas karenanya hubungkanlah kabel itu ke salah satu plat yang mana ada pada kedua sisi stopkontak(plat tersebut bisa terlihat langsung dari depan stopkontak bukan dari lubang stopkontak), plat tersebut yakni plat grounding yang terhubung ke arde/grounding pemasangan rumah.

Terdapat satu sistem lain yang lebih aman guna mengaitkan kabel grounding yang telah terkoneksi ke sasis kulkas dengan plat grounding dimana ada di stopkontak ialah dengan mengganti steker kulkas yang pipih dengan steker yang bulat dan agak besar di mana memiliki dua buah plat pada kedua sisi paling luar, dengan memakai stop kontak jenis itu karenanya kabel grounding yang terkoneksi ke sasis mau secara otomatis terhubung ke plat grounding yang terdapat di stopkontak. cara memasang kabel di steker di mana dilengkapi plat grounding: Bukalah skrup steker lalu conkel supaya seteker terbelah jadi dua bagian kemudian pasang kabel listrik kulkas ke masing- masing lubang jari steker yang terdapat pada badan steker dengan melonggarkan sekrupnya kemudian sesudah kabelnya masuk kencangkan lagi sekrupnya. Koneksikan ujung kabel di mana sudah terpasang ke sasis kulkas ke plat yang terhubung ke kedua buah plat kecil yang ada pada sisi terluar steker dengan sistem memasangnya ke plat yang bersekrup yang berlokasi pada tengah- tengah serta komponen dalam steker.

Kini hanya memasukkan steker kulkas ke stopkontak selanjutnya sentuhlah body kulkas yang mana nyetrum tadi, bila badan kulkas tak nyetrum artinya instalasi grounding sukses.

Apakah Artinya N serta L di Listrik

Secara default, warna pembungkus kawat mewakili jenis bobot arus listrik di mana patut dihantarkan di kawat yang dibungkusnya, adalah : hitam / merah = positif (L ⇒ Line), biru = netral (N ⇒ Neutral) dan kuning = arde (E ⇒ Earth). Selama kita mengerjakan menyambung kawat dengan berpedoman pada default-nya, kecil kemungkinan guna terjadi kesalahan. Hal itu berlaku mulai dari kabel meteran PLN hingga berakhir di setiap stop kontak serta lampu penerangan.

Unit stop kontak dimana ketika itu beredar umum dipasaran, bisa kita temukan dengan jumlah titik yang tidak sama-beda. Mulai dari satu hingga empat spot pararel yang biasa dipasarkan di toko-kios perlengkapan listrik. Hal yang perlu dilihat merupakan kwalitas bahan dari unit stop kontak itu sendiri. kamu bisa lantas mengenali tinggi-rendah kwalitas bahan stop kontak dari harganya.

PTC Relay, ialah sebagai starter PTC (positive temperature coefficient) di mana digunakan di hampir beberapa besar kulkas masa sekarang terbukti memiliki fungsi ganda, benda di mana lazimnya berbentuk kotak hitam juga kecil itu yang pada kondisi dingin berperan sebagai penghubung antara pin R (run) dengan S (start) saat kompresor memulai beroperasi (starting) mau berubah fungsi sebagai kapasitor ketika telah jadi panas sesaat setelah kompresor bekerja, poin nya ada pada kisaran 3 hingga 5 mikro farrad, kesudahannya sekiranya sebuah kompresor mengaplikasikan relay tersebut konsumsi listrik yang digunakan menjadi lebih rendah mirip apabila kompresor tersebut memakai kapasitor running.

Walaupun mempunyai kelemahan dibanding relay umum (mekanis) sebab membutuhkan waktu beberapa ketika dikala patut restart tapi di kenyataannya relay ptc lebih aman untuk kompressor terlebih kalau dicampur dengan overload 4TM bikinan Klixon® yang diketahui dirancang untuk digunakan dengan relay itu, mengapa lebih aman ?…. sebab sesudah kompresor berprofesi mensirkulasikan refrigeran maupun freon karenanya tekanan freon pada metode pendingin tersebut belum merata dan tekanan tertingginya berada di kondensor sehingga di saat ini kompresor akan susah restart dikarenakan tekanan dimana masih tinggi didalam kondensor tadi yang yaitu jalur pertama freon bersirkulasi, hal itu memerlukan waktu supaya tekananya rata dahulu kurang lebih selama 3 sampai 5 menit, waktu yang mana cukup agar PTC relay nya jadi dingin dan kompresor bahkan siap dijalankan kembali.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply