Menu

Pengertian Asuransi Syariah Dalam Islam Di Indonesia

July 3, 2018 | Asuransi Jiwa

Kami disini hadir sebagai solusi untuk anda yang penasaran dengan pengertian asuransi syariah, dan kelebihan yang di milikinya di bandingkan dengan asuransi konvensional.

Pengertian Asuransi Syariah

Asuransi syariah pada pelaksanannya memiliki sistem yang sedikit berbeda dengan asuransi konvensional, maka dari itu sebelum anda menentukan pilihan dalam menggunakan asuransi ini telah terlebih dahulu pengertian asuransi syariah dan kelebihannya secara mendalam.

Asuransi syariah dan konvensional secara umum memiliki perbedaan pada saat awal perjanjian antara tertanggung dan penanggung, serta pengelolaan investasi dana yang terkumpul dari nasabah di asuransi syariah hanya di investasikan pada tempat atau usaha yang di jamin kehalalannya.

Pengertian Asuransi Syariah Menurut Bahasa Dan Istilah

Asuransi dalam bahasa arab di kenal dengan At- Taimin, kata ini di ambil dari amiin yang artinya adalah perlindungan, merasa aman dan bebas dari adanya rasa takut. Untuk konsep asuransi syaiah adalah Tabarru’ atau sumbangan dalam bahasa Indonesia.

Pengertian asuransi syariah dalam Islam adalah usaha yang di adakan untuk melindungi dan saling tolong menolong antara satu sama lainnya, dengan melakukan investasi dalam bentuk asset kemudian akan di terima manfaatnya ketika tertanggung mengalami resiko.

dari beberapa pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa pengertian asuransi syariah adalah asuransi yang memiliki fungsi yang sama dengan asuransi konvensional namun di lakukan dan di laksanakan sesuai dengan aturan dan hukum agama Islam.

Baca dulu:

Sejarah Asuransi Syariah

Asuransi sendiri sudah ada sejak awal islam, tetapi pada saat itu asuransi masih di pandang sebagai sesuatu kegiatan yang bersifat haram. Tetapi ada beberapa kegiatan yang di lakukan oleh para umat muslim bangsa arab pada saat itu yang menjurus ke arah asuransi.

Contohnya seperti ketika ada salah satu dari anggota suku yang meninggal ataupun terbunuh oleh anggota suku lainnya, maka saudara terdekat sang pembunuh harus membayar sejumlah uang kepada pewaris korban.

Kemudian ada kegiatan Kunz yang di lakukan oleh kaum muhajirin dan anshar, kunz atau tabungan ini merupakan milik bersama yang memiliki fungsi untuk membayar uang diyat kepada korban terbunuh tak sengaja ataupun hamba sahaya.

Sejarah Serta Perkembangan Asuransi Syariah Di Indonesia

Semakin berkembangnya zaman masyarakat Indonesia semakin paham mengenai fungsi serta keuntungan menggunakan jasa asuransi, sehingga sekarang ini banyak perusahaan asuransi baik yang konvensional maupun syariah.

Masyarakat Indonesia mayoritas adalah seorang muslim, oleh karena itu asuransi syariah memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang dan asuransi syariah juga sangat di nantikan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia.

Kemudian hadirlah asuransi dengan prinsip syariah baik secara mandiri ataupun membuka cabang dari perusahaan asuransi yang bersifat konvensional, asuransi ini memiliki produk yang di fokuskan untuk menjamin resiko dengan sistem bagi hasil.

Asuransi syariah mulai di kenal di Indonesia sejak tahun 1992 yang di atur secara tegas dalam UU No.2 tentang perasuransian dengan mekanisme penyelenggaraannya. Mulai dari penetapan tersebut asuransi syariah berkembang dan di kenal masyarakat hingga sekarang.

Daftar Asuransi Syariah

Meskipun memiliki tujuan yang sama dengan asuransi konvensional, dalam pelaksanaannya asuransi syariah sangatlah berbeda karena di jalankan sesuai dengan aturan dan syariat islam. Adapun daftar asuransi syariah yang ada di Indonesia, sebagai berikut :

  1. PRUSyariah

Merupakan asuransi syariah dari prudential, asuransi ini memiliki kelebihan di bandingkan dengan asuransi syariah perusahaan lain yaitu bagi hasil uang premi sebesar 56 %. Selain itu juga terdapat sistem bagi hasil yang di dapatkan dari kegiatan usaha secara halal tentunya.

  1. Asuransi Syariah AIA

Asuransi AIA merupakan perusahaan asuransi yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, mereka memiliki banyak kantor cabang dan sekarang ini sudah mengembangkan sayapnya di asuransi syariah. Terdapat banyak produk yang di tawarkan oleh asuransi syariah AIA yang pastinya terjamin aman.

  1. Asuransi Tafakul

Merupakan salah sau contoh asuransi syariah yang paling banyak mendapatkan penghargaan, dan merupakan asuransi syariah yang paling tua yang ada di Indonesia. Ada banyak produk asuransi tafakul yang sangat diminati seperti tafakul dana pendidikan atau lebih di keal dengan Fulnadi.

  1. Allianz Syariah

Ada berbagai macam fitur yang di tawarkan oleh asuransi Allianz syariah ini, dari mulai asuransi kesehatan sampai dengan asuransi tasbih yang di khususkan untuk jamaah yang akan berangkat haji ke tanah suci.

  1. Asuransi Syariah Manulife

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar asuransi manulife, sekarang ini perusahaan mereka membuka asuransi dengan sistem syariah dan di lengkapi dengan fasilitas reimbursement. Hal ini akan memudakan para nasabah untuk membayar premi ataupun pertanggungan.

  1. Asuransi Sinar Mas Syariah

Untuk bergabung dengan asuransi sinar mas syariah sangatlah gampang, anda hanya tinggal melaksanakan akad secara syar’i antara pihak tertanggung dan pihak penanggung. Ada beberapa produk yang di tawarkan di antaranya adalah di bidang pendidikan serta kesehatan.

  1. Asuransi BNI Life

Sebagian masyarakat mungkin sudah mengenal BNI namun di bidang perbankan, sekarang ini BNI memperluas penyediaan jasanya di bidang asuransi dengan sistem syariah. Ada beberapa produk unggulan yang di tawarkan antara lain multi investa, wadi’ah cendekia dan investa plus.

  1. Asuransi Syariah Panin

Asuransi ini di bawahi langsung oleh otoritas jasa keuangan (OJK) sehingga anda tidak perlu merasa ragu lagi atas kualitas dari produk yang di tawarkan oleh asuransi panin syariah ini. Produk unggulannya adalah asuransi jiwa.

Baca juga:

Dengan pemaparan pengertian asuransi syariah dan juga daftar asuransi syariah yang ada dan terpercaya di Indonesia, semoga dapat menjadi solusi dan membantu anda dalam memilih perusahaan asuransi.

Loading...

Related For Pengertian Asuransi Syariah Dalam Islam Di Indonesia