Kabel Positif Dan Negatif Warna Apa

Kabel Positif Dan Negatif Warna Apa – Bicara tentang timer, pasti terlintas di dikepala kita adalah perangkat pengukur waktu. Ya betul, timer pada kulkas yakni suatu alat dimana membatasi kapan mesin kompresor akan bekerja dan kapan mesin kompresor mau stop stunby atau bahaya awamnya istirahat.

mirip halnya dengan mesin pedingin ruangan (AC) di mana mempunyai timer, yang mana kita dapat memegang berapa jam AC akan hidup mendinginkan ruangan, yang mana kemudian akan mati sendiri sesudah sebagian jam kedepan pantas yang kita setting.

Akan tetapi, berbeda dengan kulkas, fungsi timer pada kulkas 2 pintu ialah guna membatasi waktu dengan otomatis kapan kompresor, fius panas (defrost), serta fius dingin akan bekerja, dan kapan segala unit tersebut akan standby dengan bergantian.

Kabel Positif Dan Negatif Warna Apa

Kompresor sudah short body atau gulungan kompresor sudah ngletek bagian isolasi kawat gulungannya serta mengenai maupun menempel di bagian body kompresor.

Kabel instalasi kelistrikan di kulkas ngletek ataupun koneksi kabel di mana sudah tidak terisolasi melekat di body kulkas.
Kabel heater pigura pintu sudah rusak ataupun terbakar dan meraba komponen besi body kulkas. Tapi hal tersebut sangat jarang terjadi pada kulkas yang ukurannya guna skala kulkas rumah tangga Instalasi kabel kelistrikan kulkas terdapat yang terkupas juga terkena air yang mana airnya hingga merekat ke besi body kulkas tersebut.

Sistem Menuntaskannya :

Tentukan segala kabel listrik kulkas tidak ada dimana terkupas, jika terdapat isolasi kembali dengan baik.

Pasang Grounding di kulkas

Sistem instalasi grounding kulkas :

Kupaslah kulit kabel NYM maupun NYA hingga nampak kawat tembaganya selanjutnya hubungkan dengan sekrup di mana menempel pada sasis maupun rangka besi kulkas di mana berlokasi di belakang kulkas bagian bawah dekat area mesin pendingin(kompresor)

Pasanglah kabel NYM maupun NYA pada sekrup sasis kulkas dengan metode: longgarkan bautnya menerapkan obeng melainkan jangan hingga terlepas dari ulir sasis kemudian lilitkan tembaga kabel di leher baud selanjutnya kencangkan baudnya sampai kabel terpasang kuat pada sasis kulkas. Urutkan kabel mencontoh alur kabel listrik kulkas hingga mendekati stekernya selanjutnya ikat kabel kulkas dengan kabel grunding di mana kita urut tadi memakai isolasi.

Setelah kabel grounding yang mana terhubung ke sasis kulkas sudah dekat ke steker kulkas maka koneksikan kabel itu pada satu diantara plat yang ada di kedua sisi stop kontak.

Kupaslah kulit kabel NYM maupun NYA sampai kelihatan kawat tembaganya kemudian hubungkan dengan sekrup yang mana menempel di sasis atau rangka besi kulkas yang mana berlokasi di belakang kulkas bagian bawah dekat zona mesin pendingin(kompresor).

Pasanglah kabel NYM maupun NYA pada sekrup sasis kulkas dengan cara: longgarkan bautnya menggunakan obeng namun jangan sampai terlepas dari ulir sasis lalu lilitkan tembaga kabel ke leher baud kemudian kencangkan baudnya sampai kabel terpasang kuat di sasis kulkas.

Urutkan kabel mencontoh alur kabel listrik kulkas hingga mendekati stekernya lalu ikat kabel kulkas dengan kabel grunding yang kita urut tadi menggunakan isolasi.

Sesudah kabel grounding yang mana terhubung ke sasis kulkas telah dekat ke steker kulkas karenanya hubungkanlah kabel itu ke salah satu plat di mana ada di kedua sisi stopkontak(plat ini dapat nampak seketika dari depan stopkontak bukan dari lubang stopkontak), plat ini yakni plat grounding yang terkoneksi ke arde/grounding instalasi rumah.

Terdapat satu cara lain yang mana lebih aman untuk menghubungkan kabel grounding yang sudah terhubung ke sasis kulkas dengan plat grounding yang terdapat di stopkontak yakni dengan mengganti steker kulkas yang pipih dengan steker yang bulat serta rada besar yang mana mempunyai dua buah plat di kedua sisi paling luar, dengan mengaplikasikan stop kontak tipe ini karenanya kabel grounding yang terhubung ke sasis mau secara otomatis terhubung ke plat grounding yang ada pada stopkontak. cara memasang kabel pada steker di mana dilengkapi plat grounding: Bukalah skrup steker kemudian conkel agar seteker terbelah jadi dua bagian selanjutnya pasang kabel listrik kulkas ke masing- masing lubang jari steker yang ada di dalam badan steker dengan melonggarkan sekrupnya lalu setelah kabelnya masuk kencangkan lagi sekrupnya. Koneksikan ujung kabel yang telah terpasang ke sasis kulkas ke plat di mana terhubung ke kedua buah plat kecil yang mana ada pada sisi terluar steker dengan sistem memasangnya ke plat di mana bersekrup dimana terletak pada tengah- tengah dan bagian di steker.

Kini silahkan memasukkan steker kulkas pada stopkontak lalu sentuhlah body kulkas dimana nyetrum tadi, bila badan kulkas tak nyetrum artinya instalasi grounding sukses.

Apakah Arti N serta L di Listrik

Secara normal, warna pembungkus kawat mewakili variasi bobot arus listrik dimana seharusnya dialirkan di kawat yang dibungkusnya, yaitu : hitam / merah = positif (L ⇒ Line), biru = netral (N ⇒ Neutral) juga kuning = arde (E ⇒ Earth). Selama kita menjalankan menyambung kawat dengan berhaluan pada default-nya, kecil kemungkinan untuk terjadi kesalahan. Hal itu berlaku mulai dari kabel meteran PLN hingga berakhir di tiap stop kontak dan lampu penerangan.

Alat stop kontak di mana ketika itu beredar biasa dipasaran, dapat kita temukan dengan jumlah spot di mana tidak sama-beda. Mulai dari satu hingga empat titik pararel yang lazim dijual pada kios-toko peralatan listrik. Hal yang harus dipandang yakni kualitas bahan dari unit stop kontak tersebut. kalian dapat seketika mengenali tinggi-rendah mutu bahan stop kontak dari harganya.

Overload protector berfungsi sebagai security di kompresor kulkas. Prinsip kerja dari overload protector ini ialah dengan mengontrol aliran yang mengalir melewati lilitan kompresor.

Jikalau arus yang mana mengalir melebihi kecakapan hantar arus (KHA) dari lilitan motor kompresor, maka overload akan memutus aliran. Dengan begitu kompresor menjauh dari arus berlebih yang mana bisa berpengaruh kerusakan pada lilitan kompresor, atau lilitan terbakar.

Overload yang umum terdapat pada kulkas ada 2 ragam. Diperhatikan dari formatnya, terdapat dimana berbentuk bulat dan terdapat di mana berbentuk pipih (gepeng). Namun fungsi dari keduanya tetaplah sama. Yakni sebagai pengaman kompresor dari aliran listrik yang berlebih.

Overload ditempatkan pada kompresor. Menempel di komponen kompresor guna melindungi kompresor dari bobot berlebih. Biasanya ada 2 macam overload protector di mana lazim diaplikasikan pada kulkas. Ialah eksternal atau internal overload protector.

Bagi macam eksternal ada di dalam komponen luar kompresor, meskipun guna yang variasi internal tertanam di body kompresor kulkas. Jadi, seandainya suhu kompresor terlalu panas, maka overload mau memutus arus serta sesudah kompresor telah dingin normal kembali, maka mau nyala kembali.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply