Contoh Soal Fungsi Produksi Cobb Douglass

Contoh Soal Fungsi Produksi Cobb Douglass – Fungsi mengolah adalah hubungan fisik antara masukan prosuksi (Input) serta Produksi (output). Analisis kegunaan mengolah sering ditunaikan oleh para peneliti, sebab mereka mendambakan Info bagaimana sumber daya yang terbatas seperti tanah, tenaga kerja dan modal sanggup dikelola bersama baik agar produksi maksimum dapat diperoleh.

Proses memproduksi merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh stakeholders ekonomi (dalam hal ini firm / perusahaan) bersama mengoptimalkan Input untuk memaksimalkan output. Berkaitan bersama dengan eksistensi input diatas, maka input selanjutnya memang didapatkan dari stakeholders ekonomi yang lain (dalam perihal ini Households / Rumah tangga ). dan ini yakni deskripsi kecil proses prosuksi didalam ranah ekonomi mikro, yang cuma menyertakan 2 stakeholders ekonomi saja.

 

Contoh Soal Fungsi Produksi Cobb Douglass

Analisis manfaat memproduksi Cobb Douglas bersama pendekatan regresi linier berganda dilaksanakan oleh Human (2010) di dalam skripsi yang berjudul Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produksi Kacang Panjang di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Musim Tanam 2010. Untuk menganalisis fungsi memproses Cobb Douglas terdapat beberapa macam cara, tidak benar satu diantaranya layaknya yang telah dilaksanakan oleh Human (2010). Human (2010) menganalisis fungsi memproses Cobb Douglas bersama dengan metode transformasi regresi linier berganda. Dalam hal ini, sebelum menganalisis data, tipe Cobb Douglas mesti diubah ke dalam bentuk linier dengan transformasi logaritma. Dengan demikianlah knowledge yang dipergunakan terhitung mesti diubah dulu ke di dalam bentuk logaritma. Setelah didapatkan hasil penaksiran parameter, tetap kudu ditunaikan transformasi balik, supaya perlu satu tahapan lagi untuk melakukan transformasi logaritma.

 

Turunan Fungsi Produksi Cobb-Douglas

Fungsi mengolah Cobb-Douglas yakni suatu faedah alias persamaan yang melibatkan dua maupun lebih variabel, di mana variabel satu disebut variabel dependen (Y) dan juga yang lain dikatakan variabel independent (X). Penyelesaian interaksi antara X dan Y ialah umumnya bersama dengan langkah regresi, di mana variasi dari Y akan terpengaruh variasi berasal dari X. Dengan demikian kaidah-kaidah terhadap garis regresi termasuk berlaku di dalam penyelesaian kegunaan Cobb-Douglas (Soekartawi, 1997: 154). Beberapa bentuk manfaat mengolah Cobb-Douglas berdasarkan Sudarman (1997: 141), yaitu:

(1) faedah memproduksi Cobb-Doulgas berderajat lebih besar satu (increasing return to scale) berlaku satu ketentuan andaikan seluruh input yang dipergunakan di dalam proses mengolah diubah dalam jatah yang mirip maka akibatnya output akan berubah (dalam arah yang sama) lebih besar dari bagian itu sendiri. Misalnya, misalnya produsen menaikkan input sebanyak 2 x lipat maka ouput yang akan diterima termasuk jadi tambah lebih besar berasal dari dua kali lipat.

(2) guna style fungsi mengolah Cobb-Douglas berderajat lebih kecil dari satu, berlaku satu ketentuan kalau seluruh input yang dipakai produsen diubah didalam proporsi yang sama, maka akibatnya output akan beralih (juga didalam arah yang sama) lebih kecil dari bagian itu sendiri. Sebagai umpama kecuali produsen tingkatkan input sebanyak 2 kali lipat maka output akan makin tambah lebih kecil dari dua kali lipat.

 

Fungsi Produksi Cobb-Douglas Jangka Pendek

Jangka pendek (short run) adalah jangka kala yang mana jumlah masukan (input) tertentu tidak bisa diubah. Faktor selamanya (fixed fa ctor ) ialah segi memproduksi yang tidak mampu disempurnakan di dalam jangka pendek, umumnya yakni elemen dari modal (seperti pabrik dan juga peralatan), tapi mungkin terhitung berbentuk tanah, layanan manajemen ataupun lebih-lebih pasokan tenaga kerja terampil. Masukan (input) yang dapat beralih di dalam jangka pendek dinamakan faktor variabel (Lipsey, 1987: 187). Fungsi memproses yang paling banyak dipergunakan oleh para pakar ekonomi yakni manfaat memproduksi Cobb-Douglas yang mengambil bentuk linier-logaritmik. Apabila input modal dianggap selamanya dalam periode produksi jangka pendek, serta hanya terkandung satu input variabel tenaga kerja yang dipertimbangkan dalam kesimpulan produksi, maka faedah mengolah Cobb-Douglas jangka pendek, dinotasikan dalam model tersebut (Gaspersz, 1996: 196):

Q = δLβ

δ adalah konstanta yang dalam fungsi mengolah Cobb-Douglas jangka pendek merupakan indeks efisiensi yang mencerminkan hubungan pada jumlah output yang diproduksi (Q) dan juga kuantitas input tenaga kerja yang digunakan (L).

Semakin besar nilai konstanta δ, efisiensi penggunaan input tenaga kerja (dan/atau input variabel lain) jadi tinggi. Perubahan tingkat teknologi sebagai: menambahkan peralatan mengolah modern, pendidikan dan juga pelatihan tenaga kerja di dalam metode produksi, dll., bakal tercermin lewat nilai konstanta δ dalam fungsi produksi Cobb-Douglas baru lebih besar dibanding fungsi mengolah Cobb-Douglas lama.

 

Fungsi Produksi Cobb-Douglas Jangka Panjang

Jangka panjang (long run) merupakan periode pas di mana seluruh input bisa saja berubah, tetapi teknologi basic memproduksi tidak berubah. Dan, jangka panjang tidak tersedia hubungannya bersama jangka sementara tertentu. Pentingnya jangka panjang didalam teori produksi yaitu sebab jangka panjang terkait bersama dengan situasi yang dihadapi perusahaan seumpama tengah memiliki rencana bisnis, guna memperluas skala operasinya,untuk mengembangkan product baru maupun area baru, alias untuk memoderenisasikan, mengganti alias menata ulang metode memproses perusahaan.}

Loading...
0 Shares

Leave a Reply

six + 15 =