Menu

Cara & Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

January 30, 2018 | Asuransi Kesehatan

Kali ini kita akan mengetahui apa saja syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan dan bagaimana cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan. Tidak sedikit peserta BPJS yang masih bingung serta bertanya – tanya bagaimana klaim BPJS ini serta berapa lama klaim pencairannya.

syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan

BPJS merupakan jaminan sosial ketenagakerjaan yang merupakan suatu program pemerintah untuk masyarakat guna melindungi para tenaga kerja dalam mengatasi atau mengantisipasi suatu resiko dalam sosial ekonomi di waktu tertentu dengan menggunakan mekanisme suatu asuransi nasional.

BPJS sebagai suatu lembaga negara yang saat ini bergerak di bidang asuransi sangat membantu masyarakat dalam menangani masalah sosial. Masalah – masalah tersebut seperti kondisi sakit mendadak dan diharuskan ke rumah sakit serta kondisi control kesehatan.

Mereka bisa menggunakan BPJS sebagai penolong pembayaran yang utama. Disini akan kami ulas beberapa mengenai syarat pencairan BPJS ketenagakerjaan 2017.

Syarat dan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Banyak nya masyarakat yang masih memiliki ekonomi  lemah dengan hasil gaji kerja yang di bawah rata-rata menjadikan BPJS sebagai sarana jaminan sosial yang sangat membantu.  Mereka akan sangat terbantu dalam melakukan pembayaran cash di rumah sakit dengan adanya program BPJS tersebut.

Namun bagi yang ingin menggunakan BPJS tetap harus memenuhi syarat mencaikan BPJS ketenagakerjaan  dengan prosedur yang sudah di tentukan.

Syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 2017 memang susah susah gampang sehingga banyak orang memilih klaim BPJS ketenagakerjaan sebagai pilihan menu utama mereka dengan berbasis teknologi online sebagai alternatif mudah dalam mencairkan saldo JHT nya.

Langkah ini merupakan jalan alternatif yang cukup mudah dalam menghindari suatu antrean panjang di kantor. Proses Klaim BPJS ketenagakerjaan ini cukuplah mudah hanya dengan menggunakan komputer atau laptop dengan koneksi internet yang cukup dan Anda sudah bisa klaim di rumah kapan saja dan dimana saja.

Perlu diketahui, syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan 2017 sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja Anda perlu bersabar dalam menangani setiap proses nya yang terkadang cukup lama karena antrean dan itupun belum lagi bila terdapat beberapa problem.

Namun bila Anda ingin mencairkan BPJS ketenagakerjaan terdapat beberapa syarat dalam mencairkan BPJS ketenagakerjaan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

Beberapa syarat atau kebijakan dalam mencairkan BPJS ketenagakerjaan di antaranya :

– Pencairan BPJS hanya bisa dilakukan oleh masyarakat yang masih berstatus sebagai pekerja yang mana masih memiliki cukup dana guna membayar asuransi BPJS nya setiap bulan.

– Peserta BPJS minimal umur sudah memasuki usia 10 tahun

– Syarat tertentu dengan menggunakan Fotocopy kartu BPJS,  fotocopy KTP atau paspor dengan menunjukan yang aslinya,  fotocopy KK dengan menunjukan aslinya,  surat keterangan bahwa masih aktif bekerja pada suatu perusahaan atau kantor tersebut.

– Yang terakhir buku rekening tabungan untuk angsuran yang harus di bayarkan setiap bulannya.

Dalam memenuhi syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan di perlukan beberapa surat – surat lengkap yang harus di penuhi secara detail guna mudahnya kelancaran pencairan saldo.  Dahulu sebelum di kenal sebagai BPJS program ini di kenal dengan Jamsostek.

Anda harus memenuhi dokumen secara lengkap dan mengikuti aturan prosedur secara runtut. Seperti mengisi formulir pengajuan Jamsostek, mengisi nama  dan lain sebagainya. Namun prosedur ini terbilang masih sama dengan BPJS sekarang, seperti fungsi dan aturan prosedurnya.

Buatlah data untuk BPJS dengan akurat dan sesuai dengan dokumen atau persyaratan disertai tanda tangan surat pernyataan masih bekerja. Sertakan juga dokumen persyaratan lainnya sesuai persyaratan yang diperlukan.

Ketika Anda ingin mencairkan Jamsostek milik Anda biasanya harus bersabar menunggu antrean. Oleh karena itu banyak orang yang memilih menggunakan E-klaim BPJS ketenagakerjaan guna menghindari antrean panjang dikantor dan dapat menyelesaikan nya dengan lebih cepat. Karena dengan E-klaim BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa menyelesaikan dimana saja dan kapan saja Anda mau.

Syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 2017 secara langsung sebenarnya sama dengan ketika Anda mencairkan Jamsostek secara Online.

Yang terpenting dokumen Anda lengkap dengan identitas diri dan persyaratan tertentu lainnya Anda sudah bisa melakukan pencairan tersebut. Beberapa syarat dan ketentuan mencairkan Jamsostek  adalah sebagai berikut :

  1. Fotocopy KPT
  2. Fotocopy KTP / Kartu Jamsostek asli
  3. Fotocopy KK
  4. Fotocopy dan asli Paklaring
  5. Buku tabungan

Itulah beberapa syarat untuk mencairkan Jamsostek / BPJS 2017.

Namun bagi Anda yang ingin mencairkan Jamasostek atau BPJS dengan tanpa paklaring Anda tetap harus memenuhi syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan 2017 dengan aturan dasar ataupun prosedur utama yang sudah di tetapkan dari awal hanya saja tidak harus dengan di sertai paklaring.

Beberapa cara dan syarat mencairkan Jamsostek tanpa menggunakan  paklaring sebenarnya tidak di perbolehkan ataupun tidak bisa. Namun bagi yang sudah memiliki paklaring dan kemudian hilang bisa melapor kepada pihak yang berwajib dengan membuat keterangan surat kehilangan. Sebab paklaring sangat penting di gunakan dalam pencairan Jamsostek / BPJS.

syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Yang pertama, jika ingin mencairkan Jamsostek sebelum 5 Tahun, maka terdapat beberapa syarat tertentu yang harus Anda penuhi. Seperti melakukan klaim 10% yang mana memiliki ketentuan masih aktif bekerja namun hanya bisa di ambil sebesar 10% saja dari total keseluruhan yang ada.

Yang kedua dengan cara klaim 30% yang mana Anda diharuskan memiliki surat keterangan masih bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja dengan di sertai dokumen perumahan yang ketiga dengan Klaim 100%.  Disini Anda memerlukan paklaring dari perusahaan tempat Anda bekerja terakhir.

Dalam mencairkan Jamsostek atau di dalam syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 2017 tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Waktu yang dibutuhkan dalam mencairkan Jamsostek kira-kira 30 menit sampai 1 jam. Ini juga tergantung antrian yang terdapat dikantor. Sebab pencairan sebenarnya dapat dilakukan dengan cepat asal persyaratan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jangan lupa sesekali cek saldo BPJS Anda guna mengantisipasi atas problem pembayaran asuransi BPJS milik Anda.

Baca juga :

Tak hanya cek saldo secara online saja namun cara klaim BPJS online juga menjadi salah satu jalan alternatif masyarakat yang tidak memiliki waktu lebih untuk mengantre di kantor BPJS secara langsung.

Bagi yang ingin mengecek saldo BPJS ataupun Jamsostek yang dimiliki dapat di lakukan dengan via sms dengan format :

Saldo#Nomor ID Anda

Selanjutnya kirim ke 08111009696 .

Dengan pembahasan kali ini semoga dapat membantu Anda dalam menangani masalah pencairan BPJS milik Anda. Itulah beberapa penjelasan mengenai syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 2017.

0 Shares

Related For Cara & Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan