Cara Sitasi Jurnal Menggunakan Mendeley

Cara Sitasi Jurnal Menggunakan Mendeley – Menyusun daftar acuan guna suatu karya ilmiah sekali-sekali tak semudah dimana dibayangkan. Meskipun pembuatan daftar rujukan yakni hal dimana benar-benar penting dalam suatu kreasi ilmiah.

Oleh sebab itu, tak sedikit orang mengandalkan suatu aplikasi yang mana dapat membantu mengatasi pembuatan daftar rujukan tersebut. Salah satu aplikasi guna membuat daftar ilmiah tersebut adalah Mendeley.

Namun, apakah Mendeley itu? Dan bagaimana metode mengaplikasikan Mendeley? Simak dulu ulasannya di bawah ini!

Cara Sitasi Jurnal Menggunakan Mendeley

Mendeley ialah sebuah program yang mana pembuatannya ditujukan guna pembuatan daftar rujukan yang sifatnya open source serta bisa diperoleh secara gratis. Mendeley tersebut mendorong bermacam platform seperti Linux, Mac OS dan Windows. Saat tersebut, Mendeley bisa ditemui pada cara operasi Android oleh karenanya untuk membuat daftar acuan dan sitasi dapat dilakukan pada telpon seluler saja.

Sebenarnya cara menginstall perangkat itu sangat gampang melainkan adakalanya terdapat pengguna baru dimana masih kebingungan menginstall program ini. Panduan lengkap ada di bawah tersebut (sistem di bawah ini menerapkan metode operasi Linux) :

Terlebih dulu, unduh perangkat Mendeley dari situs legal Mendeley.

Guna mendownload sebaiknya sesuaikan memakai spesifikasi Mendeley.

Setelah berhasil mendownloadnya, buka terminal dan ketikkan $ sudo dpkg-I <nama file> lalu pilih enter.

Seandainya telah, akan muncul tampilan yang mana mengharuskan pemakai untuk masuk kea kun Mendeley seperti di bawah ini:

Melainkan, jikalau kalian masih nggak mempunyai akun Mendeley klik “Register” untuk mendaftar akun.

Selesaikan pendaftaran Mendeley juga kalau sudah kamu dapat kembali “Sign In” ke akun yang mana telah engkau buat.

Setelah login, user akan diberi nasihat pada Jendela Mendeley seperti tersebut :

Guna sistem installasi program Mendeley cdi Windows ataupun di Mac OS. Kalian tinggal unduh installer lewat laman resminya. Kemudian tinggal jalankan seperti menginstall perangkat pada biasanya.

Sebelum digunakan, Mendeley semestinya terintegrasi menggunakan Microsoft Word maupun perangkat pengolah kata yang serupa yang telah terinstall di PC kau . Metode menghubungkan Mendeley pakai Ms Word dengan klik menu Tools > Install Microsoft Word Plugin.

Setelah terinstall, maka akan muncul pemberitahuan sekiranya instalasi sudah running dengan bagus.

Berikut tersebut yakni sistem membuat daftar pustaka dari jurnal mengaplikasikan Mendeley:

Cara Membikin Daftar Pustaka Manual pada Mendeley

1. Membikin Daftar Pustaka

Metode mengurutkan daftar pustaka Mendeley betul-betul mudah. Ada dua sistem yang mana dapat kau lakukan, ialah secara manual lewat software Mendeley ataupun plugin Mendeley di Word.

2. Membuat Daftar Pustaka Via Software Mendeley

Klik kanan di jurnal yang mana mau dimasukkan ke di daftar pustaka

Sesudah itu, buka opsi “Copy As” juga klik “Formatted Citation”

Selanjutnya, tekan lembar daftar pustaka. Lalu, klik kanan serta klik “Paste”. Daftar pustaka akan ditulis secara otomatis

3. Membuat Daftar Pustaka memakai Plugin Mendeley pada Ms Word

1. Arahkan kursor ke tempat yang dituju guna menulis daftar pustaka

2. Klik menu “References” di menu bar

3. Buka “Insert Bibliography”.

4. Daftar pustaka akan terbuat secara otomatis cocok style penulisan yang mana telah dipilih

5. Input Kutipan pada Teks

Kau juga dapat memilih kutipan yang mana tersimpan di Mendeley ke pada teks. Dibawah tersebut merupakan caranya:

1. Buka dokumen Microsoft Word yang diinginkan. Lalu, klik ‘References’ untuk menemukan bagian Mendeley Cite-O-Matic

2. Pilih jenis pengutipan yang diinginkan

3. Letakkan kursor pada akhir kalimat yang mana mau disisipkan kutipan

4. Buka ‘Insert Citation’

5. Cari acuan dimana relevan menerapkan kotak pencarian ataupun klik ‘Go To Mendeley’ untuk memilih kutipan dari program Mendeley. Setelah itu, Pilih OK

Sistem membikin daftar pustaka memakai Mendeley telah bisa dilaksanakan. Kau cuma harus mencontoh cara pada atas secara mudah tanpa ribet.

Metode Memberesi dan Memasukkan File Acuan dari Mendeley

Tentunya kita berkeinginan daftar rujukan di karya ilmiah menjadi lengkap, melainkan memegang file acuan yang ada di dalam My Library menimbulkan masalah seandainya kita tidak membatasinya. Dalam memberesi dan memasukkan file acuan pada Mendeley mempunyai sebagian sistem sebagai berikut :

Bukalah Mendeley serta biasanya timbul tampilan yang mana berisikan perintah untuk menambahkan rujukan atau Add papers to get started.

Namun, terlebih dulu letakkan file acuan yang telah diunduh ke dalam satu folder agar mudah mencarinya.

Pindahkan file yang mana sudah disiapkan dengan cara Drag and Drop atau dapat juga dengan memakai fungsi Add Files. engkau juga bisa menambahkan sebagian file sekaligus dengan mengaplikasikan fungsi Add Files.

File yang mana sudah dimasukkan ke dalam Mendeley yang mana sudah dilengkapi menggunakan PMID maupun DOI akan secara otomatis menonjolkan data bibliografi di Mendeley Library. Melainkan, jikalau masih nggak engkau patut melengkapi secara khusus dahulu. Sistem mengantisipasi hal tersebut merupakan dengan mendownload file rujukan dari situs seperti PubMed maupun web jurnal legal lainnya.

Metode Membentuk Bibliography dengan Mendeley

Setelah cara kerja memasukkan sitasi selesai, kumpulan rujukan telah dapat dibentuk guna membikin daftar pustaka. Caranya ialah dengan ;

Tekan “Insert Bibliography“.

Dalam menu tersebut, daftar pustaka atau rujukan akan otomatis terletak di akhir dokumen.

Adanya perubahan susunan sitasi yang mana dijalankan di dokumen otomatis juga akan berubah pada daftar pustaka.
Selesai.

Sistem Sinkronisasi File Rujukan memakai Akun Mendeley

Dalam setiap akun Mendeley, pengguna akan difasilitasi dengan fitur sinkronisasi antara akun Mendeley juga file referensi yang mana diunduh dari mana pun. Cara sinkronisasi merupakan sebagai berikut :

Secara dulu buka pilihan “All Documents” yang mana dapat diamati di panel My Library.

Klik edit “Setting“, disini kau bisa memilih sinkronisasi bagi koleksi yang dipilih (for selected collections) maupun guna segala Library (For my entire library).

Pastikan juga kolom “Synchronize attached files” tercentang.

Sesudah mengedit Setting, lalu klik pada opsi “Sync Library” untuk mengawali sinkronisasi

Berikutnya, kamu bisa login ke akun Mendeley guna memandang hasilnya.

Selesai.

Cara Memakai Mendeley Offline (Manual)

Apabila Anda kira Mendeley cuma bisa digunakan ketika sedang online, kalian salah. Sebab rupanya, ada kok metode memakai Mendeley offline. Tentu saja, fitur-fitur Mendeley yang bisa digunakan dikala offline tidak selengkap ketika online. Satu diantaranya yakni saat menambahkan jurnal. Pastikan engkau sudah menambahkan jurnal dimana diingin diciptakan source penulisan saat engkau sedang online pada internet.

Bagi memasukkan library ke dalam Mendeley dari jurnal-jurnal pada format cetakan maupun offline, Anda bisa menerapkan menu “Add Entry Manually” pada Mendeley. Baru deh, engkau bisa memasukkan library dimana terdapat dalam format cetakan atau hardcopy.

Sistem Menggunakan Mendeley di Android

Terbukti, kini Mendeley juga tersedia pada Android. Lalu, gimana cara mengaplikasikan Mendeley pada Android? Berikut tersebut penjelasannya:

Untuk men-download jurnal dimana mau dijadikan bahan acuan, sentuh “All Documents”. kalian akan mengamati sebagian dokumen dengan lampiran PDF dimana tersedia guna didownload. Sentuh ikon unduh guna mendapatkan jurnal tersebut ke peralatan Android kau. Sesudah jurnal terdownload, kini ikon dari jurnal tersebut akan menjadi ikon warna biru.

Sesudah Anda men-download beberapa jurnal yang mana akan jadi bahan referensi, kau dapat mengawali bagi menambahkan kutipan ke di tulisan ilmiah kalian. Seperti saat kalian memakai Mendeley Desktop, kamu bisa menambahkan kutipan dimana dibutuhkan untuk selanjutnya disinkronkan dengan peralatan lainnya.

Bagi menandai jurnal favorit maupun jika hendak menghapus jurnal, pada daftar dokumen, sentuh juga bendung jurnal, lalu pilih apakah engkau hendak menjadikannya sebagai jurnal unggulan maupun ingin menghapusnya dari unit.

Apabila kau baru saja men-download sebuah jurnal di bentuk PDF dari sumber lain, kamu bisa menambahkannya ke Mendeley. Caranya, sentuh pada file PDF yang didownload, selanjutnya tekan “Open in Mendeley”.

Cara Menerapkan Mendeley pada Word Mac

Hakekatnya, metode menerapkan Mendeley pada Word Mac hampir sama pakai cara mengaplikasikan Mendeley pada Word di Windows. Perbedaan hanya menonjol pada tampilannya saja. Mari kita simak metode menggunakan Mendeley pada Mac:

Unduh perangkat lunak Mendeley untuk Mac.

Jangan lupa untuk menginstal Mendeley di komputer atau laptop Mac kau.

Setelah diinstal, jalankan software Mendeley. Pastikan kamu sudah menginstal Microsoft Office for Mac yah.

Tekan Tools > Install Word Plugin guna menginstal plug-in Mendeley pada Microsoft Word for Mac.

Diamkan sampai pelaksanaan instalasi plug-in Mendeley di Word for Mac selesai.

Bila telah selesai, buka Word di Mac.

Sekiranya kau menemukan tab Add-ins Mendeley di tab References, artinya kalian telah menggunakan metode mengaplikasikan Mendeley bagi mengorganisir daftar pustaka pada artikel ilmiah kamu.

Mari kita mulai untuk menambahkan kutipan. Pertama, v References > Insert Cititation > Go to Mendeley.

Kemudian akan timbul jendela Mendeley Desktop. Pilih salah satu jurnal dimana ingin dibaca.

Sorot kalimat yang mana berharap disalin.

Pilih ikon “Copy” bagi menyalin kalimat hal dimana demikian.
Kembali ke jendela Ms Word for Mac. Lakukan kembali langkah nomor 8 dan 9.

Pada menu bar, pilih “Cite”. engkau akan dialihkan kembali ke jendela Ms Word for Mac. engkau akan memperhatikan artikel Formatting cititation. Dimana, nama dari penulis jurnal mau tertulis dengan otomatis pada bagian tersebut.

Paste kalimat yang sudah disalin sebelumnya.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply