Cara Menggunakan Mendeley Di Google Docs

Cara Menggunakan Mendeley Di Google Docs – Cara membikin daftar pustaka menerapkan Mendeley dibutuhkan oleh mahasiswa yang mana sedang mengerjakan skripsi ataupun tugas akhir.

Dikala menulis skripsi, mahasiswa dituntut bagi mengaplikasikan sumber juga rujukan yang mana terpercaya serta valid.

Kecuali isinya, daftar pustaka juga wajib ditulis pakai cara khusus. Pada tahap ini, Mendeley ada untuk menolong mahasiswa dalam menulis kutipan serta daftar pustaka memakai kaidah penulisan yang mana benar.
Sebelum membikin daftar pustaka, tekan model kutipan dengan sistem memilih tab ‘References’ juga klik ‘Style’ dimana ada di bawah sub-menu ‘Manage Sources’.

Cara Menggunakan Mendeley Di Google Docs

Mendeley memiliki dua jenis versi merupakan Situs juga Dekstop. Tetapi, cara memakai aplikasi ini tetap sama, Mendeley mewajibkan para penggunanya bagi mendaftar ataupun sign up terutamanya dahulu sebelum mengaplikasikan program itu. Tak cuma itu saja, Mendeley memiliki fasilitas sebagai berikut :

Live full text search,

Fasilitas yang bermanfat guna mengolah rujukan dimana efisien pada paper. Bagi mengaplikasikan fitur tersebut, pemakai dapat memasukkan kata kunci bagi mengawali pencarian acuan.

Dapat menunjukkan metadata dari file PDF dengan otomatis.

Highlighting juga PDF viewer

Import file dari web eksternal (Contohnya: Google Scholar, PubMed, juga lain – lain)

Sharing ke sosmed

Terintegrasi menggunakan perangkat lunak pengolah kata mirip Libre Office, Microsoft Word, ataupun Open Office.

Sebetulnya metode menginstall perangkat ini sungguh-sungguh gampang tetapi sekali-sekali terdapat pemakai baru dimana masih bingung menginstall aplikasi ini. Tutorial lengkap terdapat pada bawah tersebut (cara di bawah itu mengaplikasikan metode operasi Linux) :

Lebih-lebih dahulu, unduh program Mendeley dari website sah Mendeley.

Guna men-download sebaiknya sesuaikan memakai spesifikasi Mendeley.

Sesudah berhasil mendownloadnya, tekan terminal juga ketikkan $ sudo dpkg-I <nama file> lalu tekan enter.

Bila sudah, akan muncul tampilan dimana mewajibkan pengguna guna masuk kea kun Mendeley seperti pada bawah itu:

Melainkan, jika kau masih nggak memiliki akun Mendeley klik “Register” untuk mendaftar akun.

Selesaikan pendaftaran Mendeley dan bila sudah kamu bisa kembali “Sign In” ke akun yang telah kau untuk.

Setelah login, pengguna akan dibimbing pada Jendela Mendeley seperti itu :

Bagi metode installasi perangkat Mendeley cdi Windows ataupun di Mac OS. Kalian tinggal download installer lewat web resminya. Kemudian tinggal jalankan mirip menginstall aplikasi pada umumnya.

Sebelum dipakai, Mendeley patut terintegrasi pakai Word maupun perangkat pengolah kata dimana serupa yang mana telah terinstall pada PC kau . Cara menghubungkan Mendeley menggunakan Word dengan klik menu Tools > Install Microsoft Word Plugin.

Setelah terinstall, karenanya akan muncul pemberitahuan seandainya instalasi telah proses secara baik.

Berikut itu adalah sistem membikin daftar pustaka dari jurnal menggunakan Mendeley:

Metode Membuat Daftar Pustaka Manual pada Mendeley

1. Membikin Daftar Pustaka

Metode mengurutkan daftar pustaka Mendeley benar-benar gampang. Ada dua sistem dimana bisa kamu lakukan, adalah secara manual melalui software Mendeley maupun plugin Mendeley di Ms Word.

2. Membuat Daftar Pustaka Via Software Mendeley

Klik kanan pada jurnal dimana mau dimasukkan ke dalam daftar pustaka

Sesudah itu, tekan pilihan “Copy As” dan tekan “Formatted Citation”

Selanjutnya, klik lembar daftar pustaka. Lalu, klik kanan dan buka “Paste”. Daftar pustaka akan ditulis secara otomatis

3. Membuat Daftar Pustaka menggunakan Plugin Mendeley di Word

1. Arahkan kursor ke daerah yang dituju bagi menulis daftar pustaka

2. Pilih menu “References” pada menu bar

3. Buka “Insert Bibliography”.

4. Daftar pustaka akan terbuat secara otomatis pantas model penulisan yang telah dipilih

5. Input Kutipan dalam Teks

Kau juga dapat memilih kutipan dimana tersimpan pada Mendeley ke di teks. Berikut itu yakni caranya:

1. Tekan file Ms Word dimana diharapkan. Lalu, klik ‘References’ guna menemukan komponen Mendeley Cite-O-Matic

2. Pilih ragam pengutipan yang diharapkan

3. Letakkan kursor pada akhir kalimat dimana mau disisipkan kutipan

4. Tekan ‘Insert Citation’

5. Cari rujukan dimana relevan mengaplikasikan kotak search atau klik ‘Go To Mendeley’ bagi memilih kutipan dari aplikasi Mendeley. Sesudah itu, Klik OK

Sistem membikin daftar pustaka menerapkan Mendeley telah bisa dikerjakan. Kamu cuma musti meniru sistem pada atas dengan gampang tanpa ribet.

Cara Merapikan juga Memasukkan File Acuan dari Mendeley

Tentunya anda mau daftar rujukan pada karya ilmiah jadi lengkap, tapi memegang file acuan yang ada di pada My Library menimbulkan permasalahan jikalau kita tidak mengontrolnya. Dalam membenahi juga memasukkan file rujukan di Mendeley memiliki sebagian metode sebagai berikut :

Bukalah Mendeley dan umumnya muncul tampilan yang mana berisikan instruksi bagi menambahkan acuan maupun Add papers to get started.

Namun, lebih-lebih dahulu letakkan file referensi dimana sudah diunduh ke dalam satu folder agar gampang mencarinya.

Pindahkan file yang telah disiapkan dengan cara Drag and Drop atau bisa juga dengan memakai fungsi Add Files. kau juga dapat menambahkan sebagian file sekaligus dengan menerapkan fungsi Add Files.

File yang mana sudah dimasukkan ke di Mendeley dimana sudah dilengkapi pakai PMID ataupun DOI akan secara otomatis menonjolkan data bibliografi dalam Mendeley Library. Namun, jikalau belum kamu seharusnya melengkapi terutamanya dulu. Sistem mengantisipasi hal ini yaitu dengan mendownload file acuan dari web kayak PubMed atau situs jurnal sah lainnya.

Metode Membentuk Bibliography memakai Mendeley

Setelah progres memasukkan sitasi selesai, kumpulan acuan telah bisa disusun bagi membikin daftar pustaka. Caranya adalah dengan ;

Tekan “Insert Bibliography“.

Dalam menu tersebut, daftar pustaka ataupun acuan akan otomatis terletak di akhir file.

Adanya perubahan susunan sitasi dimana dikerjakan pada file otomatis juga akan berubah pada daftar pustaka.
Selesai.

Cara Sinkronisasi File Acuan pakai Akun Mendeley

Dalam setiap akun Mendeley, user akan difasilitasi memakai fitur sinkronisasi antara akun Mendeley serta file rujukan yang mana diunduh dari mana saja. Cara sinkronisasi yaitu sebagai berikut :

Khusus dulu buka pilihan “All Documents” dimana bisa dilihat di panel My Library.

Klik edit “Setting“, disini kamu bisa memilih sinkronisasi guna koleksi yang mana dipilih (for selected collections) maupun bagi seluruh Library (For my entire library).

Pastikan juga kolom “Synchronize attached files” tercentang.

Setelah mengedit Setting, lalu klik pada alternatif “Sync Library” untuk mengawali sinkronisasi

Berikutnya, kamu bisa login ke akun Mendeley guna melihat akibatnya.

Selesai.

Sistem Memakai Mendeley Offline (Manual)

Sekiranya kau kira Mendeley hanya dapat digunakan saat sedang online, Anda salah. Karena ternyata, ada kok cara menerapkan Mendeley offline. Pasti saja, fitur-fitur Mendeley dimana bisa diaplikasikan dikala offline tak selengkap dikala online. Salah satunya yakni ketika menambahkan jurnal. Pastikan kamu telah menambahkan jurnal dimana diingin dijadikan rujukan penulisan saat kalian sedang online pada dunia maya.

Untuk memasukkan library ke pada Mendeley dari jurnal-jurnal pada bentuk cetakan atau offline, kau bisa menggunakan menu “Add Entry Manually” pada Mendeley. Baru deh, engkau dapat memasukkan library yang berada pada bentuk cetakan atau hardcopy.

Metode Mengaplikasikan Mendeley di Android

Rupanya, kini Mendeley juga tersedia di Android. Lalu, gimana cara memakai Mendeley pada Android? Berikut tersebut penjelasannya:

Guna mendownload jurnal yang berkeinginan dijadikan bahan referensi, sentuh “All Documents”. kamu akan memandang beberapa dokumen menggunakan lampiran PDF dimana tersedia bagi didownload. Sentuh ikon unduh untuk mendapatkan jurnal hal yang demikian ke unit Android kamu. Sesudah jurnal terdownload, sekarang ikon dari jurnal hal yang mana demikian akan menjadi ikon warna biru.

Sesudah kalian mengunduh beberapa jurnal yang mana akan jadi bahan referensi, kalian bisa memulai bagi menambahkan kutipan ke di tulisan ilmiah Anda. Seperti saat engkau mengaplikasikan Mendeley Desktop, engkau dapat menambahkan kutipan yang dibutuhkan bagi berikutnya disinkronkan memakai alat lainnya.

Guna menandai jurnal unggulan atau bila hendak menghapus jurnal, pada daftar dokumen, sentuh serta bendung jurnal, lalu tekan apakah engkau hendak menjadikannya sebagai jurnal favorit atau berkeinginan menghapusnya dari peralatan.

Kalau kau baru saja men-download sebuah jurnal dalam bentuk PDF dari sumber lain, Anda dapat menambahkannya ke Mendeley. Caranya, sentuh pada file PDF yang didownload, selanjutnya tekan “Open in Mendeley”.

Sistem Menerapkan Mendeley di Word Mac

Hakekatnya, metode memakai Mendeley pada Word Mac hampir sama memakai cara menerapkan Mendeley di Ms Word pada Windows. Perbedaan cuma terlihat pada tampilannya saja. Mari kita simak metode menerapkan Mendeley di Mac:

Unduh perangkat lunak Mendeley guna Mac.

Jangan lupa untuk menginstal Mendeley di komputer maupun laptop Mac kalian.

Setelah diinstal, jalankan perangkat lunak Mendeley. Pastikan kau sudah menginstal Microsoft Office for Mac yah.

Tekan Tools > Install Ms Word Plugin guna menginstal plug-in Mendeley di Microsoft Word for Mac.

Diamkan sampai proses instalasi plug-in Mendeley di Microsoft Word for Mac selesai.

Bila sudah selesai, klik Word pada Mac.

Kalau kau menemukan tab Add-ins Mendeley pada tab References, artinya kalian sudah mengaplikasikan metode memakai Mendeley untuk mengorganisir daftar pustaka pada tulisan ilmiah kamu.

Mari kita mulai untuk menambahkan kutipan. Pertama, v References > Insert Cititation > Go to Mendeley.

Kemudian akan timbul jendela Mendeley Desktop. Buka salah satu jurnal yang mana berkeinginan dibaca.

Sorot frase dimana berkeinginan disalin.

Pilih ikon “Copy” untuk menyalin kalimat hal dimana demikian.
Kembali ke jendela Word for Mac. Lakukan kembali langkah nomor 8 juga 9.

Pada menu bar, klik “Cite”. Anda akan dialihkan kembali ke jendela Microsoft Word for Mac. kalian akan melihat artikel Formatting cititation. Dimana, nama dari penulis jurnal mau tercatat dengan otomatis pada komponen tersebut.

Tempel kalimat yang mana telah dicopy sebelumnya.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply