Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi – Kartu BPJS adalah kartu identitas yang mesti dimiliki oleh tiap tiap pemakai BPJS, dulu kartu ini kemungkinan disebut sebagai kartu BPJS, tapi saat ini kartu selanjutnya telah digantikan bersama dengan KIS (Kartu indonesia sehat).

Dulu KIS merupakan kartu guna peserta BPJS penerima pertolongan iuran dari pemerintah, namun sementara ini KIS telah menjadi standar kartu seluruh pemakai BPJS.

Pada kartu BPJS umumnya tercantum data sebagai berikut:

Nomor kartu

Nama pemakai

Tanggal lahir pemakai

Nik,

Faskes tingkat 1 yang dipilih, dan kelas Rawat

Fungsi kartu tidak cuman sebagai identitas pemakai bpjs juga sebagai salah satu kriteria yang kudu dibawa setiap kali pelanggan dambakan mendapatkan layanan kesehatan gratis berasal dari BPJS, tanpa kartu, maka kemungkinan penolakan berasal dari faskes sanggup terjadi. oleh gara-gara itu kartu mesti dijaga baik-baik jangan hingga hilang ataupun rusak.

Untuk beroleh kartu BPJS / KIS, cara pertama yang mesti dijalankan tentu saja kalian perlu laksanakan pendaftaran untuk menjadi BPJS, sesudah ditunaikan pembayaran iuran pertama, kartu baru sanggup dicetak di kantor maupun dicetak sendiri melalui aplikasi mobile JKN.

Guna mencetak kartu bpjs di kantor bpjs, sebaiknya pemakai mempersiapkan kriteria yang diperlukan guna mengantisifasi pertanyaan dari petugas agar kartu sanggup dicetak bersama dengan cepat.

 

Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Menurut Info yang penulis dapatkan via wawancara exclusive bersama staff BPJS Ketenagakerjaan, pelanggan dapat mengunduh kartu BPJSTK di aplikasi BPJSTKU kalau kartu aslinya hilang atau rusak. Apabila tombol download kartu tidak dapat diakses maka silahkan di screenshoot saja selanjutnya print.

Kartu BPJSTK yang tersedia di program BPJSTKU hanya bagian depannya saja, namun meskipun pun demikianlah kartu tersebut bisa menjadi kartu pengganti yang sah. Nah, sangat disayang kan andaikata hingga kala ini belum memasang aplikasi BPJSTKU di smartphone yang paling disayangi sobat, jadi buruan download aplikasinya ya…

 

Cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan digital bersama dengan program di Playstore

Sekarang, mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan mampu dikerjakan secara mudah. Ada 2 cara yang mampu kalian pilih, melalui web BPJSTKU maupun dengan mendownload aplikasi BPJSTKU ke smartphone.

Untuk lebih rincinya, liat pembahasan berikut ini, yuk!

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat program BPJSTKU:

Instal program BPJSTKu Mobile di Play Store maupun App Store

Daftarkan diri

Setelah Akun dibuat, kalian login ke program BPJSTKU

Setelah akun kamu terbuka, kalian sanggup klik menu “Kartu Digital” yang terkandung pada laman depan.

Klik kartu digital sobat serta klik “Kirim ke E-mail” terkecuali kamu menghendaki dikirimka melalui e-mail atau klik “Simpan ke Gallery” jikalau sahabat menginginkan menyimpannya pada galeri telpon genggammu.

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat website BPJSTKU:

Masukkan akun sahabat di kolom login

Setelah sahabat berhasil masuk bersama dengan account kamu, menentukan menu “Kartu Digital” , lalu simpan gambar kartu sahabat tersebut, lantas cetak.

 

Cara cetak kartu BPJS secara online

Cara cetak kartu BPJS dapat dilakukan dengan online. Ini berarti sahabat tidak mesti datang ke kantor BPJS. Berikut adalah tata langkah cetak kartu BPJS dengan online.

1. Instal aplikasi BPJS Kesehatan

Langkah kesatu yang sobat jalankan guna cetak kartu BPJS dengan cara online yakni bersama mendownload aplikasi BPJS Kesehatan berbasis Android dari PlayStore atau Appstore untuk iOs.

2. Buka program BPJS Kesehatan

Setelah mengunduhnya, kamu bisa lakukan login maupun masuk ke didalam account kamu sesuai yang udah terdaftar memanfaatkan e mail kala pendaftaran BPJS online sebelumnya.

3. Pilih menu pengguna

Langkah setelah itu adalah bersama dengan memilih menu pelanggan yang ada pada aplikasi. sobat dapat pilih menu “peserta” juga “Ubah Data pengguna”.

4. Pilih pemakai BPJS Kesehatan yang dapat dicetak kartu

Lalu, memilih pengguna BPJS Kesehatan Mandiri dan opsi cetak kartu e-id.

5. Klik ikon email

Setelah itu, bakal muncul ikon e mail juga pertanyaan apakah sobat menghendaki mengirim kartu e-ID ke email. Pilih “Ya” untuk meneruskan prosesnya.

6. Buka email Anda

Segera buka dan periksa kotak masuk terhadap e-mail sobat yang terdaftar terhadap BPJS. Carilah subjek pesan bertuliskan Kartu e-ID BPJS Kesehatan, lalu jalankan pengunduhan file terlampir.

7. Print kartu BPJS Kesehatan yang baru

Sehabis proses pengunduhan selesai, kalian mampu cetak kartu BPJS selanjutnya memakai printer. Berikutnya, kartu e-ID BPJS Kesehatan pun siap dipergunakan.

Selain berasal dari program Android, sobat terhitung sanggup mencetak kartu e-IDBPJS lewat website formal BPJS Kesehatan. Ketika membuka situs tersebut, kalian cuma kudu memilih bagian menu yang serupa untuk mencetak kartu.

Tapi ingat, untuk dapat mengakses kartu BPJS Kesehatan e-ID ini perlu telah terdaftar pertama kali dan juga pernah membayar iuran pertama kali. Bila menginginkan mendaftar untuk registrasi pertama kalinya, sebaiknya memang tetap datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat.

Biasanya, metode pencetakan kartu bersama dengan metode e-ID ini digunakan guna keterangan keanggotaan bayi yang baru lahir. Bagi bayi baru lahir, identitas keanggotaannya bukan berupa kartu BPJS melainkan e-ID layaknya yang bisa diunduh berasal dari aplikasi tersebut.

 

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Dismaping cetak online, Anda termasuk bisa cetak lagi kartu BPJS Kesehatan ke kantor. Hal tersebut bisa dikerjakan terkecuali kartu BPJS Kesehatan yang Anda mempunyai rusak atau hilang. Segera kabari perihal tersebut ke kantor BPJS setempat.

Sesudah di kantor BPJS, sahabat dapat mengajukan keinginan untuk cetak lagi kartu. Namun pada mulanya kalian terhitung perlu mempersiapkan sebagian dokumen yang dibutuhkan, contohnya:

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Surat Pernyataan Kehilangan berasal dari Kepolisian

Kartu Keluarga (KK).

Ya, menjadi sehabis mengajukan permohonan di kantor BPJS setempat, kamu dapat direkomendasi menyebabkan surat kehilangan ke Kepolisian setempat. Jangan lupa menyertakan materai 6000 sebagai bukti legalitas berasal dari surat pernyataan yang kamu dapatkan dari kantor BPJS.

Setelah dokumen yang dibutuhkan lengkap, sobat bisa ulang kembali ke kantor BPJS Kesehatan guna berharap formulir cetak kartu. Isi formulir yang tersedia dengan knowledge yang benar dan juga tepat.

Lama pencetakan kembali kartu BPJS Kesehatan sendiri umumnya berjalan sepanjang kurang lebih 1 hari kerja. Meskipun untuk tiap tiap kantor BPJS Kesehatan pilih langkah kerja juga sementara yang berbeda.

Sesudah kartu BPJS Kesehatan kalian jadi, kebanyakan Anda akan dihubungi petugas berkaitan juga sahabat bisa mengambilnya ulang di kantor BPJS Kesehatan.

Lalu yang menjadi pertanyaan disini, apakah terdapat denda terkecuali kartu BPJS Kesehatan Anda hilang? Berita bagusnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak mengambil keputusan denda terkecuali kartu BPJS kalian hilang. Yang terutama ialah sobat segar melapor dan juga jalankan langkah-langkah yang udah disinggung di atas.

Walaupun tidak ada denda atau biaya admin, namun bukan artinya sahabat dapat dengan leluasa tak menjaga kartu BPJS yang sudah dimiliki ya. Jaga baik-baik kartu BPJS, karena layanan cetak ulang kartu BPJS di kantor tak bisa dijalankan kapan saja. Sementara Anda sendiri tak mengerti kapan memerlukan dan mesti memakai kartu BPJS tersebut.

Jangan lupa terhitung untuk teratur membayar iuran maupun premi setiap bulannya. Sehingga dikala hendak digunakan kamu tak harus lagi mengurus tagihan yang tetap ditunggak atau belum terbayarkan. Sebab seluruh proses selanjutnya membutuhkan sementara yang kadang waktu tak singkat.

 

Syarat cetak kartu BPJS / KIS di kantor BPJS Kesehatan

Sebetulnya mencetak kartu bpjs/ kis di kantor bpjs sangatlah mudah, persyaratannya adalah seperti dibawah ini:

1. Bayar iuran pertama

Syarat utama sebelum akan pemakai bisa menerima kartu Kis/BPJS, sehabis pelanggan berhasil laksanakan proses pendaftaran, maka pemakai perlu membayar iuran pertama terlebih dahulu.

Iuran pertama kebanyakan kudu dibayarkan oleh peserta sesudah 14 hari sejak pemakai meraih no Virtual account keluarga (Nomor VA Keluarga) setelah jalankan pendaftaran.

2. Bawa Bukti Pembayaran iuran Pertama

Syarat mencetak kartu bpjs di kantor bpjs ialah membawa bukti pembayaran iuran pertma, sahabat dapat melakukan pembayaran iuran pertama melalui ATM, bank BNI, BRI Mandiri, maupun di loket pembayaran yang sudah disediakan, sesuai bersama dengan intruksi di Virtual account.

Jangan lupa setelah ditunaikan pembayaran iuran pertama, simpan bukti pembayaran guna syarat cetak kartu di Kantor NPJS.

Bagaimana jikalau bukti pembayaran hilang maupun rusak, memang sih tidak masalah, sebab sesudah kalian melakukan pembayaran, information pembayaran bakal tersimpan di basis information proses bpjs, namun guna menghindari pertanyaan berkaitan pembayaran yang bisa saja dipertanyakan oleh petugas, sebaiknya membawa untuk ditunjukan.

3.Membawa Kartu Keluarga (KK) juga KTP

Alangkah baiknya membawa Copy Kartu Keluarga (KK) serta KTP, pihak BPJS kemungkinan akan menghendaki kartu keluarga atau KTP pada sementara sobat mengidamkan mencetak kartu, tujuannya sih untuk memastikan jika tiap tiap anggota keluarga di kartu keluarga semuanya telah teregistrasi.

Tidak mesti sih, tapi ini guna mengantisipasi petugas BPJS yang barangkali menghendaki berkas kartu keluarga maupun KTP, kalau sudah kami menyediakan ya udah tinggal kasih saja dikala petugas memintanya.

 

Demikian uraian tentang Cara Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kalian semua.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply

1 + twenty =