Apa Saja Syarat Cetak Kartu BPJS Yg Hilang

Apa Saja Syarat Cetak Kartu BPJS Yg Hilang – Di era serba digital seperti kala ini, banyak instansi maupun lembaga yang udah mengakses service secara online. Termasuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang termasuk udah tawarkan sarana secara online ataupun lewat call center.

Layanan yang mampu dinikmati masyarakat secara online sangatlah beragam, mulai dari daftar keanggotaan, ganti knowledge pemakai, Info perihal keanggotaan hingga cetak kartu BPJS Kesehatan online.

Semua layanan berikut bisa dikerjakan lewat situs BPJS Kesehatan yang mampu dibuka penduduk secara gratis.

Pelayanan cetak kartu BPJS Kesehatan secara online ini dibarengi dengan penerbitan elektronik identitas maupun e-ID yang udah jadi digunakan terhadap Juni 2019. Meskipun cuma berupa kertas, bakal tapi kartu BPJS Kesehatan yang dicetak secara online tidak tidak serupa bersama dengan kartu definitive dan juga mempunyai faedah yang sama.

 

Apa Saja Syarat Cetak Kartu BPJS Yg Hilang

Menurut berita yang penulis dapatkan dengan wawancara exclusive bersama dengan staff BPJS Ketenagakerjaan, pengguna dapat mendownload kartu BPJSTK di program BPJSTKU seandainya kartu aslinya hilang maupun rusak. Bila tombol download kartu tidak dapat dibuka maka silakan di screenshoot saja lantas print.

Kartu BPJSTK yang ada di program BPJSTKU hanya anggota depannya saja, tapi kendati pun demikianlah kartu tersebut mampu menjadi kartu pengganti yang sah. Nah, sayang banget kan andaikata sampai selagi ini belum memasang program BPJSTKU di smartphone yang paling disayangi kalian, menjadi buruan download programnya ya…

 

Cetak kartu BPJS Kesehatan baru

Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan baru bisa dibilang sangat mudah. Berikut caranya:

Login ke account BPJS Kesehatan maupun Mobile JKN sobat.

Pada laman utama, sahabat dapat menemukan empat menu, yakni ‘pemakai’, ‘Ubah Data pelanggan’, ‘Kartu peserta, juga ‘Pendaftaran pelanggan’. Pilih menu ‘Kartu pemakai’.

Sahabat akan diarahkan ke page yang memuat gambar kartu BPJS Kesehatan. Di halaman tersebut, pilih ikon email untuk mengirimkan kartu ke e mail kamu.

Cetak lagi kartu BPJS Kesehatan
Proses tersebut umumnya dilaksanakan bila kartu BPJS Kesehatan kamu hilang atau rusak.

Nah, untuk melakukannya, kamu butuh e-ID dan tercatat pernah melakukan pembayaran iuran setidaknya sekali.

Apabila Anda tidak miliki e-ID, alangkah lebih baik Anda langsung mengurusnya ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Jika tetap punya e-ID, berikut langkah guna mencetak kembali kartu BPJS Kesehatan sahabat:

Masuk ke program BPJS Kesehatan/Mobile JKN.

Sehabis masuk ke halaman utama, pilih menu pengguna. Akan nampak empat menu di bawah, yakni ‘peserta’, ‘Ubah Data pelanggan’, ‘Kartu peserta, dan juga ‘Pendaftaran peserta’. Pilih menu ‘Ubah Data peserta’.

Pilih pengguna BPJS Kesehatan Mandiri. Dari pilihan itu, kalian bakal diberi opsi dan pilih opsi cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan.

Cek apakah semua data cocok bersama dengan perubahan yang kalian inginkan.

Klik ikon bergambar e-mail untuk mengirimkan kartu e-ID BPJS Kesehatan kalian ke email yang telah Anda registrasikan sebelumnya.
Konfirmasi bersama dengan mengklik ‘YA’.

Masuk ke kotak masuk e-mail kamu dan periksa apakah e-mail berjudul “Kartu e-ID BPJS Kesehatan” telah dikirimkan. Cek spam kalau tidak ditemukan.

Unduh dan juga cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan kamu.

 

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online.

Pada saat di dalam keadaan darurat dan panik, kelupaan mempunyai kartu BPJS Kesehatan bukanlah perkara aneh. Persiapan yang dilaksanakan barangkali saja tidak maksimal dikarenakan kondisi yang telah tak mendukung. Sementara guna kembali ke rumah juga mengambil alih kartu BPJS Kesehatan Anda pun tambah tak memungkinkan.

Apabila kalian mengalami perihal serupa, tak mesti panik serta risau dikarenakan selagi ini BPJS sudah memudahkan anggotanya bersama sarana cetak kartu BPJS Kesehatan online. Caranya pun terlampau enteng juga cepat, berikut panduannya.

Sebelumnya, pastikan jika sahabat telah memiliki program BPJS Kesehatan ataupun Mobile JKN di ponsel sahabat

Setelah itu buka program BPJS Kesehatan/mobile JKN lalu login pakai alamat e-mail yang di awalnya udah terdaftar di BPJS kala sobat laksanakan pendaftaran online

Bila sudah sukses masuk ke lama aplikasi, lantas menentukan menu pengguna serta Ubah Data peserta

Selanjutnya pilih pelanggan BPJS Kesehatan Mandiri yang menginginkan dicetak kartu e-IDnya

Kemudian memilih ikon email dan bakal terlihat pertanyaan “Apakah kamu mengidamkan mengirim kartu e-ID ke e-mail sobat? PIlih “YA”

Dalam lebih dari satu kala bakal ada pesan masuk ke email sobat yang tadi udah digunakan dalam login program BPJS. Buka pesan berikut sesudah itu download file yang terlampir di dalamnya

Buka file yang telah sahabat download tadi kemudian lanjut mengeprintnya.

Lalu kartu yang sahabat dapatkan berwujud print-printan selanjutnya bisa dipergunakan untuk berobat. Namun dalam penggunaannya, kalian termasuk senantiasa harus menyatakan kartu identitas pendukung layaknya KTP atau KK.

Pemegang kartu e-ID BPJS Kesehatan pun tidak diwajibkan merubah e-ID dengan kartu BPJS umumnya. Hal ini sebab ke dua e-ID selanjutnya miliki kegunaan yang mirip dan juga termasuk bisa dipergunakan untuk keperluan berobat pelanggan BPJS Kesehatan di seluruh area Indonesia.

 

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Selain cetak online, Anda terhitung dapat cetak ulang kartu BPJS Kesehatan ke kantor. Hal ini bisa dilakukan jika kartu BPJS Kesehatan yang Anda memiliki rusak atau hilang. Segera kabari perihal berikut ke kantor BPJS setempat.

Sesudah di kantor BPJS, kamu dapat mengajukan keinginan guna cetak kembali kartu. Tetapi sebelumnya Anda juga wajib buat persiapan beberapa dokumen yang dibutuhkan, misalnya:

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Surat Pernyataan Kehilangan dari Kepolisian

Kartu Keluarga (KK).

Yup, jadi sehabis mengajukan permohonan di kantor BPJS setempat, sahabat akan disarankan sebabkan surat kehilangan ke Kepolisian setempat. Jangan lupa menyertakan materai 6000 sebagai bukti legalitas dari surat pernyataan yang kamu dapatkan dari kantor BPJS.

Sesudah dokumen yang dibutuhkan lengkap, sobat sanggup ulang lagi ke kantor BPJS Kesehatan guna berharap formulir cetak kartu. Isi formulir yang ada bersama data yang benar juga tepat.

Lama pencetakan ulang kartu BPJS Kesehatan sendiri umumnya berlangsung sepanjang tidak cukup lebih 1 hari kerja. Walaupun untuk tiap-tiap kantor BPJS Kesehatan menentukan cara kerja serta saat yang berbeda.

Sesudah kartu BPJS Kesehatan sahabat jadi, umumnya sobat dapat dihubungi petugas perihal dan juga kalian mampu mengambilnya kembali di kantor BPJS Kesehatan.

Lalu yang jadi pertanyaan disini, apakah terdapat denda kecuali kartu BPJS Kesehatan sahabat hilang? Berita baiknya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak memutuskan denda jikalau kartu BPJS kamu hilang. Yang terpenting ialah kalian segar melapor juga melakukan beberapa langkah yang udah dijelaskan di atas.

Meski tak ada denda maupun ongkos admin, tapi bukan berarti Anda dapat dengan leluasa tidak menjaga kartu BPJS yang sudah dimiliki ya. Jaga baik-baik kartu BPJS, karena layanan cetak lagi kartu BPJS di kantor tak bisa dikerjakan kapan saja. Sementara kamu sendiri tak menyadari kapan perlu juga harus memakai kartu BPJS tersebut.

Jangan lupa termasuk guna tertata membayar iuran ataupun premi setiap bulannya. Sehingga ketika hendak digunakan sahabat tak mesti lagi mengurus tagihan yang tetap ditunggak maupun belum terbayarkan. Sebab semua sistem selanjutnya membutuhkan selagi yang terkadang tidak singkat.

 

Syarat cetak kartu BPJS / KIS di kantor BPJS Kesehatan

Sesungguhnya mencetak kartu bpjs/ kis di kantor bpjs sangatlah mudah, syarat-syaratnya adalah seperti dibawah ini:

1. Bayar iuran pertama

Persyaratan terpenting sebelum pengguna mampu terima kartu Kis/BPJS, setelah pelanggan berhasil jalankan proses pendaftaran, maka pengguna kudu membayar iuran pertama terlebih dahulu.

Iuran pertama biasanya wajib dibayarkan oleh pemakai sehabis 14 hari sejak pemakai mendapatkan nomer Virtual account keluarga (Nomor VA Keluarga) setelah melaksanakan pendaftaran.

2. Bawa Bukti Pembayaran iuran Pertama

Syarat mencetak kartu bpjs di kantor bpjs adalah mempunyai bukti pembayaran iuran pertma, sobat mampu melakukan pembayaran iuran pertama lewat ATM, bank BNI, BRI Mandiri, ataupun di loket pembayaran yang udah disediakan, cocok dengan intruksi di Virtual account.

Jangan lupa sehabis dilaksanakan pembayaran iuran pertama, simpan bukti pembayaran untuk persyaratan cetak kartu di Kantor NPJS.

Bagaimana kalau bukti pembayaran hilang ataupun rusak, sebenarnya sih tidak masalah, sebab sehabis Anda jalankan pembayaran, data pembayaran dapat tersimpan di basis knowledge proses bpjs, tetapi untuk jauhi pertanyaan tentang pembayaran yang barangkali dipertanyakan oleh petugas, sebaiknya bawa untuk ditunjukan.

3.Membawa Kartu Keluarga (KK) serta KTP

Direkomendasikan bawa Copy Kartu Keluarga (KK) dan KTP, pihak BPJS barangkali dapat berharap kartu keluarga maupun KTP terhadap waktu Anda mendambakan mencetak kartu, tujuannya sih guna memastikan bahwa tiap-tiap bagian keluarga di kartu keluarga seutuhnya udah terdaftar.

Tak harus sih, tapi ini untuk mengantisipasi petugas BPJS yang bisa saja menghendaki berkas kartu keluarga ataupun KTP, kecuali telah kami menyediakan ya telah tinggal kasih saja dikala petugas memintanya.

 

Itulah uraian tentang Apa Saja Syarat Cetak Kartu BPJS Yg Hilang. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi sobat semua.

Loading...
0 Shares

Leave a Reply

11 + 4 =