Menu
Loading...

4  Fungsi Manager Keuangan Dalam Perusahaan

Juni 23, 2019 | Umum

Dalam sebuah perusahaan, tentunya memiliki struktur yang jelas guna menopang keberlanjutan. Salah satu peran yang penting dalam struktur adalah manager keuangan. Fungsi manager keuangan dalam perusahaan sangat penting. Tak heran, untuk mempersiapkan manager yang handal pun materi manajemen keuangan diberikan pada bidang studi terkait. Materi ini diberikan agar fungsi manager keuangan dipahami dengan baik.

Secara umum, fungsi manager keuangan terdiri dari tiga bidang. Namun, ada pula yang menambahkan fungsi manager keuangan. Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seorang manager keuangan harus memegang 4 prinsip yang akan menjadi landasan. Landasan inilah yang akan membantu dalam menentukan pengaturan keuangan. Prinsip yang dimaksud antara lain akuntabilitas, konsistensi, transparan dan integritas. Untuk memahami lebih lanjut fungsi dan peran manajer keuangan, mari simak ulasan ini.

Ulasan Lengkap Mengenai Fungsi Manager Keuangan

Manager keuangan memiliki posisi yang penting dalam struktur organisasi skala apapun. Fungsi manager keuangan dalam organisasi berkaitan dengan uang yang akan menjadi salah satu parameter kebelangsungan sebuah organisasi. Seberapa banyak peran manajer keuangan yang dijalankan tentu saja tergantung pada besarnya sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Sebagai posisi dengan tugas yang penting, tentu kriteria yang disyaratkan cukup banyak. Seorang manager harus memiliki jiwa pemimpin dan wawasan yang luas. Selain itu, dapat berkomunikasi dengan baik, bekerja secara objektif dan berintegritas tinggi. Tentu yang utama adalah memahami fungsi keuangan perusahaan, ilmu manajemen keuangan beserta hukum yang berkaitan.

Fungsi manager keuangan dalam perusahaan besar

Mengingat tanggung jawab manager keuangan terbilang besar, tak heran jika proses seleksinya cukup ketat. Sebuah perusahaan yang tidak memiliki manager keuangan tentu akan kerepotan dalam mengatur keuangan, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Berikut adalah beberapa fungsi manager keuangan.

  1. Merancang Perencanaan Umum Keuangan

Perencanaan keuangan harus dilakukan dan dievaluasi secara rutin. Biasanya perencanaan keuangan dilakukan pada awal tahun. Perumusan perencanaan biaanya dilakukan berdasarkan kebutuhan perusahaan dan evaluasi dari realisasi tahun lalu. Tentu perencanaan setiap perusahaan akan berbeda. Hal ini tergantung pada kondisi dan tujuan tiap perusahaan. Peran manajer keuangan adalah sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Perencanaan keuangan meliputi pengeluaran dan pemasukan dana perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Semua uang yang keluar dan masuk harus dirinci dengan detail secara satu persatu. Perencanaan ini sebaiknya dilengkapi dengan rincian tujuan keuangan dan bagaimana cara untuk mencapainya. Fungsi manager keuangan syariah memastikan tidak ada proses yang melanggar ketentuan hukum islam.

2. Membuat Anggaran Keuangan

Setelah rencana keuangan selesai dibuat, maka fungsi manager keuangan di perusahaan yang selanjutnya adalah membuat anggaran keuangan. Anggaran merupakan perencanaan secara detail mengenai pemasukan serta pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Fungsi keuangan perusahaan adalah untuk menyusun anggaran neraca perusahaan.

Dengan adanya anggaran keuangan, maka suatu perusahaan akan lebih mudah mengetahui besar kebutuhan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tugas manajemen keuangan selanjutnya adalah memperkirakan berapa besar modal yang harus dipersiapkan guna membiayai operasional perusahaan dengan baik.

3. Mengambil Keputusan Penting

Keputusan yang diambil oleh manager keuangan sangat berdampak pada kestabilan perusahaan. Keputusan yang diambil misalnya investasi. Fungsi manager keuangan dalam hal ini mengatur agar investasi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, bukan sebaliknya. Peran panager keuangan dalam hal ini untuk mengatur segala pembiayaan  pertumbuhan perusahaan.

Hubungan antara perusahaan dengan pasar uang diperantarai oleh manager keuangan. Dari sinilah perusahaan bisa mendapatkan dana lebih banyak guna pemasukan dan dana operasional. Fungsi manager keuangan menurut pakar dalam hal ini adalah mengurus persoalan perdagangan surat berharga perusahaan.

Wawasan seorang manager harus luas, terutama di dunia perekonomian nasional dan dunia. Dalam materi keuangan perusahaan tentunya diajarkan untuk melakukan analisis strategis. Manager keuangan harus bisa menafsirkan arus kas perusahaan. Selain itu, harus mampu pula memprediksi tren yang akan terjadi di masa depan. Risiko bisni pun harus dipahami dengan baik agar tidak asal dalam mengambil keputusan.

4. Memeriksa Keuangan

Fungsi manager keuangan lainnya yang tak kalah penting adalah mengenai pemeriksaan keuangan. Manager harus mencegah segala macam penyimpangan dana perusahaan. Oleh karena itu, harus dilakukan pemeriksaan keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran secara rutin. Setelah itu, melaporkan hasil pemeriksaan wajib kepada atasan menjadi tanggung jawab manager keuangan.

Audit internal harus dilakukan dengan rutin baru kemudian laporan disusun. Audit keuangan berguna agar keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntasi. Selain itu, audit juga dapat mencegah terjadinya penyimpangan, misalnya penggelapan uang atau manipulasi lainnya. Disinilah peran manajer keuangan sangat penting.

Hasil pemeriksaan ini wajib ada dan tersedia pada masa-masa yang tertentu. Menjadi tanggung jawab manager keuangan untuk menyediakan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan berdasarkan pemeriksaan yang rutin dilakukan. Selain itu, analisa rasio laporan keuangan pun harus dibuat dengan jelas.

Jika terdeteksi adanya penyimpangan keuangan yang terjadi, tanggung jawab manager keuangan sangat diperlukan. Pemeriksaan harus dilakukan dengan teliti dan tindakan atas penyimpangan harus dipikirkan agar tidak terulang kembali. Penyimpangan yang terjadi akan berpengaruh besar terhadap kestabilan serta kinerja perusahaan di masa mendatang.

Baca Juga:

Itulah fungsi manager keuangan secara umum. Tentunya diperlukan kompetensi yang mumpuni agar bisa melakukan hal-hal diatas dengan sempurna. Jika Anda berminat untuk menjadi manager keuangan, sangat penting untuk mendalami ilmu manajemen keuangan dengan baik. Selain itu, ikutilah perkembangan peraturan serta undang-undang yang berhubungan dengan organisasi ataupun perusahaan.

Loading...
0 Shares

Related For 4  Fungsi Manager Keuangan Dalam Perusahaan