Contoh Dialog Percakapan Dalam Bahasa Inggris Sehari-Hari

Pada waktu mempelajari Bahasa Inggris, ada sebagian orang menyukai belajar dengan cara berlatih menulis. Dan ada juga yang suka belajar dengan cara berlatih percakapan dalam Bahasa Inggris. Kedua cara atau metode pembelajaran tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

percakapan dalam Bahasa Inggris

Kelebihan belajar dengan cara menulis, orang bisa lebih tahu bentuk tulisan, ejaan, dan grammarnya lebih detail. Kekurangannya Bahasa Inggris dalam hal speaking kurang aktif. Sedangkan kelebihan belajar percakapan dalam Bahasa Inggris adalah bisa membantu Anda untuk berani berbicara tanpa takut seandainya salah dari segi grammar atau pengucapan. Meskipun begitu, banyak orang merasa minder melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Bila Anda termasuk di dalamnya, jangan khawatir. Anda dapat percaya diri berbicara dalam Bahasa Inggris selama Anda rutin melakukan latihan.

Guna membantu belajar percakapan dalam Bahasa Inggris atau conversation, berikut ini adalah contoh contoh percakapan menggunakan Bahasa Inggris lengkap dengan terjemahannya untuk Anda :

1. Percakapan perkenalan dalam bahasa inggris

Jika Anda ingin berkenalan dengan seseorang menggunakan Bahasa Inggris, berikut ini adalah contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris:

Akbar : “Hi, May I know you?” (Hai, bolehkah saya mengenalmu?)

Putri : “Yes, of course.” (Ya, tentu saja..)

Akbar : “What is your name?” (Siapa namamu?)

Putri : “My name is Putri, and you? What’s your name?” (Nama saya Putri, dan kamu? Siapa namamu?)

Akbar : “My name is Akbar.” (Nama saya Akbar)

Putri : “Where do you live?” (Di mana tempat tinggalmu?)

Akbar : “I live at Pangandaran. And where do you live?” (Saya tinggal di Pangandaran. Dan dimana tempat tinggal kamu?)

Putri : “I live in Bandung.” (Saya tinggal di Bandung)

Akbar : “What’s your status?” (Apa status kamu?)

Putri : “I am single. I am one of students in SMAN 1 Bandung, and how about you?”

(Saya lajang. Saya salah satu siswi di SMAN 1 Bandung, dan bagaimana tentang kamu?)

Akbar : “I am single too. What is your hobby?” (Saya lajang juga. Apa hobi  kamu?)

Putri : “My hobby is Dancing. How about you?”

(Hobi saya menari, Bagaimana denganmu?)

Akbar : “I like dancing too. May be we can dancing together.”

(Saya suka menari juga. Mungkin kita bisa menari bersama.)

2. Percakapan 2 orang dalam bahasa inggris

Percakapan tentang undangan ke pesta

Jika Anda mengadakan pesta dan ingin mengundang seorang teman. Ini adalah contoh percakapan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengajak teman Anda ke pesta:

Susi:       “Hi Bella, If you are not busy on next Sunday morning, I would like to invite you to come to my home” [Hai Bella, Jika Minggu pagi mendatang kamu tidak sibuk, aku ingin mengundangmu untuk datang ke rumahku.]

Bella:     “Hi Susi, What for?” [Hai Susi, Untuk apa?]

Susi:       “I will held a party next week. I hope you can be present” [Saya akan mengadakan sebuah pesta minggu depan. Aku harap kamu bisa hadir.]

Bella:     “Sure I will come, Susi. So, why do you held a party?” [Tentu, aku akan datang, Susi. Jadi, mengapa kamu mengadakan pesta?

Susi:       “Because I had passed in my exam yesterday. Instead of it, since long time i never invite my friends gathering in my house” [Karena aku telah lulus ujian kemarin. Selain itu, sejak dulu aku belum pernah mengajak teman temanku untuk berkumpul di rumahku.]

Bella:     “What time will it start?” [Jam berapa pesta itu dimulai?]

Susi:       At nine o’clock. But you have to be there at eight o’clock. [Jam sembilan. Tapi kamu harus berada di sana jam delapan.]

Bella:     “OK” [Baiklah.]

 

Baca jugaLengkap! Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari Hari & Artinya

3. Percakapan sehari hari dalam bahasa inggris

contoh percakapan dalam bahasa inggris

Jika Anda ingin bertanya kepada seseorang dalam bahasa Inggris tentang aktivitas sehari-hari, berikut ini adalah contoh percakapan sehari hari dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Ihsan:    “What time do you get up everyday, Jonny?” [Jam berapa kamu bangun setiap hari, Jonny?]

Jonny:   “I get up at 5 o’clock everyday” [Aku bangun pada jam 5 setiap hari.]

Ihsan:    “Do you have a breakfast everymorning, Jonny?” [Apakah setiap pagi kamu sarapan, Jonny?]

Jonny:   “Yes, I do” [Ya]

Ihsan:    “What do you do in your spare time, Jonny?” [Apa yang kamu kerjakan di waktu luangmu, Jonny?]

Jonny:   “I usually read novels or magazines. How about you, Ihsan?” [Aku biasanya membaca novel atau majalah. Bagaimana denganmu, Ihsan?]

Ihsan:    “I usually play soccer or listen music. What is your favorite sport?” [Aku biasanya bermain sepakbola atau mendengarkan musik. Apa olahraga favoritmu?]

Jonny:   “My favorite sport is soccer” [Olahraga favoritku adalah sepakbola.]

4. Dialog Bahasa Inggris

Semua hal tentu membutuhkan dialog. Kapanpun dan di manapun kita, seolah olah tidak bisa terhindar dari dialog ini. Pembicaraan secara lisan antara dua orang atau lebih ini bermanfaat untuk mengungkapkan dan menanggapi perasaan, pikiran ataupun gagasan.

Fungsi dialog itu ada banyak sekali, antara lain:

  • Dialog bisa memunculkan pertanyaan, berbagai gagasan, menguji pemahaman dan kerjasama untuk menyelesaikan masalah
  • Dialog bisa diaplikasikan untuk menyimpan dan menyerap segala informasi non verbal yang dapat menjelaskan informasi verbal yang diungkapkan
  • Dialog bisa membuat orang orang dalam suatu kelompok menjadi merasa nyaman
  • Dialog dapat berguna untuk membangunkan semangat dan menciptakan identitas antar kelompok.

 

Oleh sebab itu, ada baiknya kita mempelajari contoh dialog Bahasa Inggris berikut ini :

Ronny : “Nia? Are you Nia?” (Nia? Kamu Nia bukan?)

Nia : “Ronny? Why are you here?” (Ronny? Mengapa kamu di sini?)

Ronny : “That’s what I want to ask you. What are you doing here? My house is nearby“ (Justru itu yang mau aku tanyakan padamu. Apa yang kamu lakukan di sini? Rumahku di sekitar sini.)

Nia : “Oh I see. I am having vacation with my friend. Your home is nearby? I just know it. By the way, This is my friend. Rossa.” (Oh begitu. Aku sedang bertamasya dengan temanku. Rumahmu di sekitar sini? Aku baru tahu. Ngomong ngomong Ini temanku. Rossa.)

Ronny: “Hi, Rossa. Nice to meet you” (Hai, Rossa. Senang berkenalan denganmu.)

Rossa: “Hello, Ronny. Nice to meet you too. So your home is nearby?” (Hello, Ronny. Senang berkenalan denganmu juga. Jadi rumahmu dekat sini?)

Ronny : “Yeah. Rossa, Nia, You may visit in my home. Just follow me.” (Ya, Rossa, Nia, kalian boleh mengunjungi rumahku. Ikuti saja aku.)

Nia: “OK. I will visit your home. Let’s go Rossa.” (OK Aku akan mengunjungi rumahmu. Ayo Rossa)

Rossa: “OK.”(Baiklah)

Ronny: “After High School Graduation I went back to my home and go to college in Bali. Since when you are in Bali?” (Setelah lulus SMA aku kembali ke rumah dan kuliah di Bali. Kalian sejak kapan ada di Bali?)

Rossa : “We just arrived in Bali. We are just having vacation.” (Kami baru sampai di Bali. Ini sedang berjalan jalan saja.)

Kira kira begitulah contoh dialog Bahasa Inggris yang dapat Anda pelajari. Banyak topik yang bisa dikembangkan agar menjadi dialog Bahasa Inggris. Pelajari dulu apa yang sudah ada. Belajar dan latihan terus perlahan demi perlahan, kelak akan berkembang dan menjadi sangat pandai melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris.

Leave a Reply

16 + 5 =